TurunTangan Lakukan Kegiatan Pembersihan Lingkungan di Kali Adem

Jakarta, Posbaru – Pada 29 Agustus 2020, 34 Relawan Gerakan “TurunTangan” dibantu warga, 20 petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU), Serta Dinas Lingkungan Hidup melakukan kegiatan pembersihan lingkungan Kali Adem, Kelurahan Muara Angke, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kegiatan pembersihan lingkungan yang dilakukan pada pukul 08.00 – 12.00 WIB dengan tetap menerapkan pedoman kesehatan tersebut telah berhasil mengumpulkan sampah sebanyak sepuluh truk dari bantaran sungai dan bagian bawah rumah warga yang berbentuk paggung. Adapun 5 dari sepuluh truk tersebut disediakan oleh UPK Kecamatan Penjaringan.

Menurut salah satu warga setempat, Didi, mengatakan bahwa program bersih-bersih tersebut baru pertama kali dilakukan oleh warga setempat sebab mereka sudah terbiasa dengan sampah disekitarnya bahkan mereka juga tidak sadar jika sampah sudah sangat menumpuk.

Pembersihan lingkungan ini merupakan Program inkubasi organisasi non pemerintah “TurunTangan” yakni “WalkWithyang  memiliki tujuan dan misi menciptakan kota inklusif dengan pemberdayaan dan keterlibatan warga masyarakat daerah tertentu.

Selain melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, Relawan “TurunTangan” juga memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang pengolahan sampah yang benar. Untuk menyadarkan masrakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih, kedepannya WalkWith bersama warga Kali Adem akan membuat program Bank Sampah.

Direktur Eksekutif TurunTangan, Raka Pramudito berharap kegiatan tersebut dapat membuat pemukiman mereka menjadi lebih layak huni serta masyarakat akan mulai peduli pada lingkungan sekitarnya.

Perlu diketahui bahwa pada sebelumnya Relawan sudah melakukan riset di lingungan tersebut dan menemukan beberapa masalah yang kerap diabaikan oleh warga, salah satunya kebersihan lingkungan. Hal tersebut juga yang menjadi penyebab penumpukan sampah serta banjir rob dilingkungan tersebut.