Pengertian Kalimat, Unsur, Jenis, dan Ciri-Cirinya

Posbaru – Secara umum, pengertian kalimat adalah suatu satuan bahasa berupa kata atau rangkaian kata yang berdiri sendiri dan bermakna lengkap. Kalimat juga mengungkapkan pikiran utuh baik secara lisan maupun tulisan.

Kalimat mempunyai peran yang penting untuk berkomunikasi, sebab dapat menyampaikan dan menggambarkan sebuah informasi maupun perasaan.

Unsur Kalimat

Dalam sebuah kalimat terdapat unsur-unsur yang perlu kalian ketahui, diantaranya adalah:

1. Subjek

Bagian awal kalimat yang menandai “apa yang dinyatakan seseorang”, bisa berbentuk kata benda, frasa kata benda, dan kata kerja.

2. Predikat

Berfungsi menerangkan “apa yang dilakukan subjek pada kalimat”. Biasanya menggunakan kata kerja atau kara sifat, dan bisa diisi dengan kata benda yang terletak di tengah kalimat.

3. Objek

Keterangan yang berkaitan dengan predikat, namun pada kalimat pasif unsur ini menjadi subjek. Posisi subjek harus selalu di belakang predikat, agar tidak di dahului preposisi.

Biasanya menggunakan kata nomina, frasa nomina, dan klausa.

4. Keterangan

Terletak di bagian akhir yang biasanya dijadikan pelengkap sebuah kalimat. Dapat di isi dengan frasa, kata, maupun anak kalimat.

5. Pelengkap

Merupakan unsur yang melengkapi predikat, yang artinya terletak di belakang predikat. Sehingga unsur ini sedikit sulit untuk dibedakan dengan objek.

Jenis Kalimat

Ada beberapa jenis kalimat yang perlu kalian ketahui, yakni:

A. Berdasarkan Pengucapan

1. Kalimat Langsung

Kalimat yang menirukan ucapan orang lain tanpa perubahan, dapat di definisikan sebagai kalimat orang ketiga.

Biasanya kalimat ini akan ditandai dengan tanda petik dua (“Contoh”) atau berbentuk kalimat tanya maupun perintah. Seperti Pedagang Sayur Berkata: “Jangan sampai kamu balik lagi!”.

2. Kalimat Tidak Langsung

Merupakan kalimat yang menceritakan kembali perkataan orang lain, ditandai dengan petik dua dan diubah menjadi kalimat berita. Contohnya Presiden mengatakan bahwa vaksin akan diberikan secara gratis.

B. Berdasarkan Fungsi

  1. Kalimat Berita: Berisi informasi atau pemberitahuan tentang suatu hal.
  2. Seruan: Berguna untuk mengungkapkan ekspresi (perasaan) kuat.
  3. Perintah: Digunakan untuk memberi perintah kepada orang lain.
  4. Tanya: Ditujukan untuk mendapatkan sebuah reaksi maupun informasi.

C. Berdasarkan Jumlah Frasa

1. Kalimat Majemuk

Terdiri dari dua atau lebih kalimat tunggal yang berhubungan, dan terbagi lagi menjadi tiga jenis yakni kalimat majemuk setara, bertingkat, dan campuran.

2. Kalimat Tunggal

Mempunyai klausa (satu pola) yang terdiri dari satu subjek dan satu predikat, contohnya “Kamu jahat sekali. “Kamu” adalah subjek sementara “jahat sekali” adalah predikat.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Tentang Teks Pidato!

D. Berdasarkan Fungsi Subjek

1. Kalimat Aktif

Merupakan kalimat yang subjeknya adalah pelaku atau melakukan perbuatan. Contohnya Ayam mencuci motor di halaman, “Ayah” adalah subjek sementara“mencuci motor” adalah predikat dan “di halaman” adalah keterangan.

2. Kalimat Pasif

Adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan dengan ciri utama menggunakan imbuhan di,ke-an, dan ter. Dalam kata kerja yang disematkan.

Ciri-Ciri Kalimat

Sebuah kalimat mempunyai ciri-ciri tertentu, diantaranya adalah:

  • Kalimat berwujud lisan, umumnya menggunakan nada naik-turun dan keras-lembutnya di selangi jeda diakhiri senyap.
  • Dengan wujud tulisan, kalimat berhuruf latin berciri dimulai dengan huruf kapital diakhiri tanda titik (.), tanya (?), dan seru (!).
  • Sebuah kalimat setidaknya mengandung satu objek dan predikat.
  • Dapat berdiri sendiri walaupun tidak ditambah dengan kalimat lengkap.
  • Pola intonasi akhir.
  • Ada huruf kapital dan tanda baca.

Itulah pengertian kalimat beserta penjelasan lainnya yang dapat kami berikan pada kalian. Artikel ini dirangkum dari beberapa sumber online maupun offline.