Hiburan

Eco Enzyme Miliki Multi Manfaat bagi Masyarakat dan Lingkungan

Bandung, Posbaru – Kaum ibu di tanah air Indonesia akan lebih diringankan pekerjaan hariannya di rumah berkat hadirnya produk Eco Enzyme karya Susen Suryanto.

Manfaat Eco Enzyme ini bukan hanya untuk di rumah saja melainkan juga untuk lingkungan yang lebih luas seperti untuk membersihkan aliran air sungai.

Dalam obrolan dengan PosBaru.com, saat sosialisasi Eco Enzyme di Posko Sektor 21 Satgas Citarum Harum di Desa Citungku Banjaran, Robert Hadi salah seorang tim penyuluhnya menyatakan, produk ini memiliki multi manfaat khusus di Indonesia dan bahkan di dunia.

Robert memerinci manfaat Eco Enzyme dalam kehidupan dan lingkungan, hanya dengan meneteskan cairan Eco Enzyme dicampur air sumur. Jika mau dicampur dengan air ledeng jangan langsung dicampur melainkan biarkan sesaat biar kaporitnya mengendap. Itu pun sisa kaporitnya jangan terbawa.

Produk ini, kata Robert, bisa untuk membersihkan kompor dan area dapur, cuci piring, pakaian, area kamar mandi, obat luka.

Bahkan, kata Robert pula, untuk pereda nyeri di lutut karena usia, sakit gigi, penyembuh bisul atau luka gores, sebagai pupuk organik dan membersihkan kuningan.

Hasil penemuan ini terus disosialisasikan karena produk ini bahan – bahan pembuatannya mudah diperoleh sangat mudah dan murah, dari sayuran segar yang terbuang dan kulit buah, khususnya kulit jeruk.

Bahan-bahannya dikumpulkan di suatu tempat kemudian dicacag menggunakan golok atau kapak. Hasilnya dimasukan ke tong plastik. Dua ember bahan-bahan di tong itu dicampur 10 ember air.

Kenudian ditutup rapat dan dibiarkan selama 3 hari. Di hari ke-3 dibuka untuk mengecek jika ada bahan-bahan itu yang “ngambul”.  Jika ada yang ngambul ditekan ke bawah supaya tetap berada di bawah rendaman.

“Sejak itu ditutup rapat sekali, kata Robert Hadi, jangan ada udara yang masuk. Kemudian biarkan selama 3 bulan.”

Menjawab pertanyaan PosBaru.com, Robert menjelaskan, dengan Eco Enzyme lebih memudahkan masyarakat memperoleh penyembuhan, memudahkan pekerjaan kaum ibu, membersihkan udara dan lingkungan.

Back to top button
Rekomendasi Anime Spring 2024 Terbaik Rekomendasi Anime Isekai Winter 2024