Pengertian Senam Irama, Prinsip, Unsur, Jenis, dan Macam

Pengertian Senam Irama, Prinsip, Unsur, Jenis, dan Macam

Posbaru – Pengertian Senam Irama atau bisa juga disebut senam ritmik adalah cabang olahraga senam artistik yang dibarengi dengan musik atau nyanyian dan gerakannya mengikuti irama. Senam irama dibagi menjadi dua macam yakni senam irama tanpa alat serta senam irama menggunakan alat contohnya tali, pita, dan simpai.

Prinsip Senam Irama (Senam Ritmik)

  1. Irama

Irama bukan hanya tentang musik namun juga tentang ritme tubuh ketika melakukan gerakan contohnya yaitu kapan atlet bergerak dengan tempo cepat, sedang atau lambat. Dalam hal ini musik memberikan suasana bersemangat, penghayatan, berkonsentrasi, dan fokus menyamakan ritme gerakan agar tidak hampa dan menarik.

2. Kontinuitas Gerak

Prinsip ini erat hubungannya dengan rangkaian gerak yang tersusun dalam satu koreografi utuh yang dipertandingkan. Jika rangkaian gerak berangkat dari konsep yang baik dengan gagasan teatrikal maka prinsip ini seolah mengalir seperti menceritakan kisah melalui tubuh.

3. Flexibilitas Tubuh

Dalam prinsip ini, menciptakan dan melakukan berbagai jenis gerakan dengan atau tanpa bantuan alat.

Unsur-Unsur Senam Irama

A. Kelenturan

Kelenturan (flexibilitas) adalah item utama dalam senam irama (ritmik) sebab senam ini sangat erat dengan akrobatik dan balet yang menekankan pergerakan seret serta tekukan diikuti oleh lekuk tubuh dan sendi.

B. Keluwesan

hanya bisa dicapai dengan cara teratur serta dengan koreografi yang disediakan, dan bisa digunakan bukan hanya untuk masalah tubuh namun juga reaksi spontan pada berbagai peristiwa.

C. Keseimbangan

Sangat penting untuk koreografi gerakan, sebab keseimbangan yang baik selalu untuk gerakan yang sulit.

D. Ketepatan

Senam irama membutuhkan hitungan yang baik sebab atlet bukan hanya mengikuti langkah ruangan namun juga detik instrumen sesuai dengan musik yang mengiringi.

E. Keterampilan

Kemampuan dan atau kreatifitas membuat gerakan koreografi adalah salah satu penilaian dalam senam irama.

F. Kekuatan

Adalah pondasi bagi atlet senam ritmik, karena tanpa kekuatan yang baik senam akan sulit dilakukan.

G. Keindahan

Senam irama lahir dari seni pertunjukan oleh sebab itu keindahan adalah unsur penting dalam senam ini.

Jenis Senam Irama

  • Individu, senam jenis ini dilakukan oleh satu orang atlet dengan atau tanpa alat.
  • Berkelompok, senam ini terdiri dari kelompok yang umumnya menggunakan satu jenis atau beberapa jenis alat untuk merangkai sebuah koreografi.

Baca Juga : Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis

Macam-Macam Senam Irama

1. Senam Irama (ritmik) dengan Alat Berupa Bola

Jika alat ini digunakan oleh atlet individu maka bola yang digunakan hanya satu dan untuk yang berkelompok para atlet mendapat satu bola masing-masing, meski nantinya atlet bisa menggunakan lebih dari satu bola yang didapat dari rekannya. Bola juga bisa dimainkan dengan berbagai cara seperti di lempar, dibawa atau lainnya.

2. Senam Irama (ritmik) dengan Alat Berupa Pita

Masing-masing atlet hanya bisa menggunakan satu buah pita yang dimainkan dengan berbagai cara, seperti diputar, berpola, dililit atau lain sebagainya.

3. Senam Irama (ritmik) dengan Alat Berupa Tali

Peraturan dan cara penggunaan nya sama dengan pita namun beda di alatnya saja.

4. Senam Irama (ritmik) dengan Alat Berupa Gada

Setiap atlet menggunakan dua buah gada yang dipegang dengan satu atau dua tangan serta bisa di lempar dan dimainkan dengan berbagai jenis gerakan tubuh.

5. Senam Irama (ritmik) dengan Alat Berupa Simpai

Alat ini digunakan dengan cara di lempar atau ditangkap serta bisa menggunakan berbagai macam gerakan tubuh seperti diputar atau dililitkan dengan tumpuan pada satu kaki.

Anda Mungkin Suka