Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-kupu, Penjelasan !

Metamorfosis Sempurna Pada Kupu-kupu, Penjelasan !

Posbaru – Kupu-Kupu adalah serangga yang tergolong ordo Lepidoptera (serangga bersayap sisik), proses metamorfosis pada kupu-kupu bisa dibilang sempurna, sebab bentuk fisik saat keluar dari telur dan bentuk fisik saat dewasa jauh berbeda.

Adapun Tahapan metamorfosis atau daur hidup pada Kupu-kupu yakni dimulai dari telur menjadi larva lalu berubah jadi pupa (kepompong), kemudian menjadi imago (dewasa).

Yang mana Setiap tahapan tersebut mempunyai tujuan berbeda dan metamorfosis kupu-kupu terjadi sesuai jenisnya serta dapat berjalan satu bulan hingga satu tahun. berikut penjelasan tahapan metamorfosis pada kupu-kupu.

Metamorfosis Pada Kupu-kupu

1.Telur

Telur Kupu-Kupu
Telur Kupu-Kupu

Kupu-kupu memulai hidupnya dari telur yang kecil berbentuk bulat, lonjong, atau silinder dimana bentuk telur tersebut tergantung pada jenisnya dan juga telur kupu-kupu biasanya terletak di atas daun tumbuhan.

2.Larva (Caterpillar)

Larva Kupu-Kupu
Larva Kupu-Kupu

Setelah telur menetas maka akan berubah menjadi larva atau biasa disebut ulat, larva ini bertahan hidup hanya dengan memakan daun serta biasanya telur tersebut akan menetas pada jenis daun yang ingin dimakan ulat.

3.Pupa (Kepompong)

Pupa (Kepompong) Kupu-Kupu
Pupa (Kepompong) Kupu-Kupu

Setelah ulat tumbuh dan mencapai panjang serta berat maksimal maka ulat akan berubah menjadi kepompong, pada proses ini kepompong terlihat seperti diam.

Namun nyatanya dibagian dalam kepompong terjadi sebuah transformasi tubuh ulat yang mana anggota tubuh dan organnya akan berubah setelah proses ini selesai.

4.Kupu-kupu Dewasa

Setelah proses perubahan dalam kepompong selesai, ulat akan menjadi kupu-kupu dewasa dan keluar dari kepompong dengan sayap yang masih lunak dan terlipat.

Ia akan memompa darahnya ke sayap agar dapat mengepakannya lalu terbang dan proses ini terjadi dalam waktu 3-4 jam.

Kemudian Kupu-Kupu akan dan berkembang biak lalu melakukan siklus metamorfosis tersebut dengan menetaskan telur kembali diatas daun.

Itulah penjelasan tahapan metamorfosis sempurna pada Kupu-kupu, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang kupu-kupu.

Anda Mungkin Suka