6 Manfaat Daun Kumis Kucing, Bisa Jadi Obat Diet Alami!

Posbaru – Tanaman Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus) mungkin salah satu tanaman liar yang bisa kalian temukan dengan mudah di sekitar rumah. Meski kumis kucing adalah tanaman liar, namun ternyata tanaman ini mempunyai segudang manfaat terutama pada bagian daunnya. berikut daftar manfaat daun kumis kucing.

1. Mengontrol Gula Darah

Dilansir dari beberapa sumber, daun kumis kucing dapat secara efektif mengatur kadar glukosa dalam gula sehingga bisa membantu mengontrol diabetes tubuh. Meski begitu, kalian harus tetap berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu agar lebih efektif lagi.

2. Memiliki Kemampuan Detoks Tubuh

Dengan mengkonsumsi rebusan air daun kumis kucing, dipercaya mampu membersihkan racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin. Perlu kalian ketahui, bahwa rebusan daun kumis kucing sudah dikonsumsi sejak zaman nenek moyang.

3. Sebagai Obat Diet Alami

Kemampuan detoks daun kumis kucing ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi berat badan yang berlebih atau obat diet alami, bahkan tak sedikit yang menjual daun kumis kucing dalam bentuk pil maupun kantung teh.

4. Menyehatkan Jantung

Selanjutnya dilansir dari laman alodokter, ekstrak kumis kucing bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan lemak darah, yang mana hal tersebut sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit jantung.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat kelima daun kumis kucing yakni dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Menurut beberapa sumber, daun kumis kucing mengandung sinensetin serta memiliki aktivitas diuretik kuat yang bisa membantu tubuh kita dalam mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin.

Baca Juga: Manfaat Keong Sawah Untuk Kesehatan

6. Mengatasi Asam Urat

Kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat dalam kumis kucing mempunyai sifat anti radang yang dapat menghambat pembentukan asam urat, oleh sebab itulah tanaman ini dipercaya bisa mencegah penyakit asam urat.

Demikianlah manfaat daun kumis kucing yang perlu kalian ketahui, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian. Artikel ini kami rangkum dari berbagai sumber seperti, alodokter, hallosehat, dan lainnya.